Selalu Minum Obat Penghilang Nyeri Setiap Haid, Apa Bahayanya?

Selalu Minum Obat Penghilang Nyeri Setiap Haid, Apa Bahayanya? - GenPI.co
Foto : Instagram Alexander Mukti

GenPI.co - Sejak masih duduk di bangku SMA, saya sering kali mengalami nyeri datang bulan yang saya anggap berlebihan.

Karena sangat nyeri terkadang membuat saya lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa.

BACA JUGAIni yang Terjadi Kalau Wanita Makan Mentimun saat Haid

Sampai saat ini saya biasa mengonsumsi obat anti-nyeri haid. Apakah hal ini sudah termasuk tahapan parah? Terima kasih.

(Ajeng Kinasih, 20 tahun, Jakarta)

Jawaban

Alexander Mukti, Sp.OG, Spesialis Kandungan dan Kebidanan


Pada umumnya, nyeri haid pada wanita sangatlah wajar. Pada saat datang bulan dinding rahim akan dikikis secara alami dalam tubuh.

Hal tersebut yang menyebabkan nyeri dan peluruhan tersebut ialah darah yang dikeluarkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tahapan nyeri haid yang sudah parah yakni menganggu aktivitas, pingsan, hingga terbiasa mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit.

Namun, yang menjadi sangat masalah jangka panjang ketika bergantung dengan obat penghilang nyeri.

Mengonsumsi obat nyeri haid bisa meredakan rasa sakit sementara. Sayangnya, suatu waktu rasa sakit akan terasa makin meningkat bila obat tidak lagi diminum,

Obat yang dikonsumsi tanpa disadari akan mengalami kenaikan dosis secara cepat.

Tonton video ini:

Berita Selanjutnya
Nusantara